Minggu, 03 April 2011

Perbedaan Pada Format-Format Audio

Perbedaan Pada Format-Format Audio

  • *SES

Format audio *.ses merupakan format file hasil dari adobe audition yang merupakan editor audio digital program pada komputer. Jika sebuah file audio memiliki format seperti ini, maka file audio tersebut dapat kita edit sesuai keinginan dengan fasilitas yang ada pada program tersebut.

  • AIFF

Format audio *.aiff merupakan format file audio Machintos yang sering digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik lainnya. Standar dari file AIFF adalah uncomressed code pulse modulation (PCM), namun ada juga varian terkompresi yang dikenal sebagai AIFF, AIFF-C atau aifc, dengan berbagai kompresi codec.

  • Ogg

Ogg merupakan format file audio yang jarang digunakan pada media player portable. Hal ini disebabkan karena rendahnya kapasitas yang dimiliki oleh file audio berformat *.ogg ini. File *.ogg cenderung membuang suara-suara kecil dan tidak penting/noise.

  • WMA

Format file audio ini sulit untuk digunakan di internet. Hal ini dikarenakan file tidak dikompresi secara maksimal sehingga ukuran file menjadi besar. WMA menjadi format standar pada Windows.

  • WAV

WAV merupakan format audio yang tidak melakukan teknik kompresi. Ini menyebabkan ukuran file menjadi besar. WMA menjadi format standar pada Microsoft dan IBM.

  • MP3

mp3 merupakan format file audio yang paling sering digunakan. Selain karena suara yang dihasilkan cukup jernih, ukuran file juga relatif ringan. File dengan format mp3 adalah hasil dari teknik kompresi yang menghilangkan suara-suara yang tidak diperlukan (noise).


0 komentar:

Posting Komentar